Pengembangan Teknologi Untuk Marketing Produk Umkm di Kota Sragen
Keywords:
UMKM, teknologi_digital, pemasaran_produk, pengabdian_masyarakat, SragenAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian lokal di Indonesia, termasuk di Kota Sragen. Namun, tantangan utama yang masih dihadapi UMKM adalah keterbatasan dalam memasarkan produk secara digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi untuk kegiatan pemasaran produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi sosialisasi, pelatihan, workshop, dan pendampingan pembuatan media pemasaran digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan, pelaku UMKM mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam pemasaran digital, serta mampu mengoperasikan media sosial dan marketplace untuk memasarkan produk mereka. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap perluasan pasar dan peningkatan omset UMKM lokal.
Kata Kunci: UMKM, teknologi digital, pemasaran produk, pengabdian masyarakat, Sragen
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Buana Anggir, Chairullah Naury

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis adalah pemegang hak cipta dari setiap makalah / artikel yang telah dimuat di "Jurnal PARAMA: Pengabdian untuk Masyarakat Maju Bersama." Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan dan mengadopsi isi artikel selama mereka mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Kutipan tersebut dilakukan untuk kepentingan perkembangan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak melanggar hukum yang berlaku.










